Free songs
  • RSS feed
  • Twitter
  • Facebook
  • Google+
 

to share

if ( function_exists( 'yoast_breadcrumb' ) ) { yoast_breadcrumb(); }

audio visual presentation

Tips Audio Visual Yang Perlu Dipertimbangkan Agar Presentasi Efektif

Presentasi saat ini sudah sangat berubah bila dibandingkan dengan beberapa dekade lalu ketika perkembangan teknologi dan kebutuhan penyampaian informasi melalui media tradisional masih sangat terbatas.

 

Kini teknologi semakin cepat diserap dan kita semakin  beradaptasi dalam berbagai macam bentuk media. Mulai dari tujuan menampilkan content yang lebih menarik, hingga untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Mulai dari kebutuhan e-learning dun pendidikan, videoconferencing dalam bisnis, hingga hosting webinar, PodCast atau YouTube Live, semua terhubung dengan virtual audiens.

Streaming media presentation

Dengan teknologi streaming yang semakin berkembang, presentasi semakin mudah dan murah. Berikut ini beberapa tips audio visual yang perlu dipertimbangkan agar presentasi efektif.

 

KUALITAS SUARA

Dalam penyampaian sebuah pesan yang paling utama adalah agar pesan mampu diterima dengan baik. Kualitas suara yang buruk akan sangat mengganggu audiens dan mengakibatkan menurunnya minat audiens dalam mengikuti materi yang disampaikan. Oleh karena itu, kualitas perangkat audio systems yang tepat dalam live streaming mutlak diperlukan.

streaming

Mulai penggunaan tipe mic yang sudah built-in di kamera atau desktop USB mic seperti Senheisser MK4 Digital, Audio Technica AT 2020 USB atau Blue Yeti, hingga penggunaan shotgun mic dan/ boom mic seperti Audio Technica BP4029, Rode VideoMic Pro atau Sennheiser MKE 400.

Selain penggunaan mic yang tepat, untuk menghasilkan kualitas suara yang baik dalam live streaming juga diperlukan perangkat lain seperti preamps to mics, mixers, audio interfaces, compressors dan aksesories lainnya.

 

PENCAHAYAAN

Dari mata turun ke hati, mungkin ungkapan paling sederhana untuk tips ini. Karena pencahayaan—lighting sangat penting dalam pengambilan gambar. Walaupun ruang yang digunakan dalam live streaming memiliki pencahayaan  alami—sinar matahari, akan lebih baik invest beberapa perangkat lighting.

audio visual presentation

Kombinasi beberapa LED panel dimmable atau softbox lighting set akan sangat membantu menghasilkan pencahayaan yang pas yang pastinya membuat live streaming lebih menarik.

 

BANDWIDTH INTERNET

Bandwidth internet jangan sampai terabaikan, karena sangat krusial dalam penyampaian materi. Bandwidth internet menentukan seberapa banyak dan cepat data yang bisa ditransmisikan. Jaringan internet yang lemot dan gambar patah – patah akan membuat frustasi audiens virtual.

audio visual presentation

Pastikan bandwidth internet yang paling sesuai dengan kebutuhan dan melakukan test berulang sebelum live streaming atau videoconferencing.

 

TIPE KAMERA

Dengan banyaknya pilihan kamera, untuk menentukan jenis dan berapa banyak kamera yang dibutuhkan, sangat tergantung mulai dari budget, selera pribadi, hingga berapa banyak sesi yang direncanakan dalam  live streaming atau event anda. Streaming paling sedikit membutuhkan satu fixed kamera.

Tentunya lebih dari satu kamera akan sangat membantu menghasilkan beberapa angle yang berbeda dalam pengambilan gambar, sehingga gambar yang dihasilkan lebih catchy.

Pada umumnya ada tiga pilihan dasar kamera, yaitu : Pertama Video Camcorder seperti Canon C100 Mark IIatau Canon G20.  Kedua DSLR kamera yang support live HDMI audio—video output seperti Sony a7S II atau Sony AX Series. Ketiga penggunaan Webcam seperti Logitech C920 atau bahkan menggunakan  Smartphone yang saat ini kualitas kedua kameranya—depan dan belakang semakin mumpuni.

audio visual presentation

Kualitas kamera pasti berbanding lurus dengan hasilnya.  Yang perlu diingat bahwa lensa kamera merupakan kepanjangan mata virtual audiens yang menghidupkan moment saat live streaming.

 

 

 

MOBILE FRIENDLY

Perangkat mobile seperti smartphone dan tablet saat ini semakin tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan. Karena itu memiliki kualitas streaming yang mampu menyesuaikan (scalable streaming) dalam format  atau ecosystem smartphone dan tablet. Baik itu iOS maupun Android, akan memberikan pengaruh sangat besar. Karena remote audiens bisa tune– in dimana pun mereka berada. Dan pada akhirnya semakin banyak yang melihat karena tidak tergantung  pada perangkat yang mereka gunakan.

 

VIRTUAL AUDIENS

Membuat audiens selalu merasa terlibat sangatlah penting. Melihat kamera pada saat live streaming, sebagaimana pembicara melihat audiens pada saat seminar langsung, perlu di ingat dan dilakukan agar terbangung ikatan bahwa mereka bagian dari event.

 

Pastinya masih banyak hal lainnya yang menunjang sebuah presentasi—live  streaming berjalan sesuai harapan. Yang utama adalah memulai dari yang paling simpledan tetap fokus. Perbedaannya tidak terlihat hanya dalam waktu semalaman. Audiens pasti dapat menghargai. Pada akhirnya Anda akan menemukan sweet setup terbaik sesuai kebutuhan.

Saya harap sedikit tips ini dapat membantu mencapai tujuan anda memberikan presentasi terbaik. Happy streaming!

 

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *